BERBAGI

Purwakarta, SinarJabar– Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta, Saepudin memastikan 70 persen angkutan umum di Purwakarta tidak laik jalan.

“Ya, melihat data sekitar 70 persen angkutan umum di Purwakarta tidak laik jalan. Sehingga ilegal melintas di jalanan Purwakarta,” kata Saepudin disela agenda sidak uji KIR oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Rabu (01/02/2017).

Penyebabnya, kata dia, kesadaran para sopir dan pengelola angkutan yang masih minim terhadap keharusan uji kelaikan kendaraan. Sebagai tindaklanjutnya, pihaknya segera melakukan operasi di jalanan. “Ya, sebagaimana arahan pak bupati, kita segera lakukan operasi (pemeriksaan kendaraan),” ujar Saepudin.

Pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli terhadap dua oknum PNS Dinas Perhubungan pekan lalu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melakukan sidak ke lokasi uji KIR Dishub, tadi pagi.

Bupati sempat memberhentikan sejumlah kendaraan dan meminta kendaraan diperiksa kelaikannya oleh petugas. Bupati meminta agar kendaraan yang dinyatakan tidak laik dilakukan peremajaan.

“Silakan lakukan KIR, kalau tidak lulus ya harus konsekuen, kendaraan tersebut tidak boleh jalan, pemiliknya harus segera melakukan peremajaan,” kata Dedi.

Bukan hanya pemilik kendaraan, pihak terkait, termasuk Dishub juga harus konsisten dengan aturan. “Bukan hanya pemilik kendaraan ya, seluruh stakeholder juga harus konsisten mengikuti aturan dalam uji KIR ini, biar pengguna angkutan ataupun pengguna jalan merasa aman di jalanan,” tutup Dedi. (red)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/sina9437/public_html/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY