Maju Mundur Pilkades Purwakarta, Cakades Tambah Stres

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkades. (Foto: Net)

SINARJABAR, PURWAKARTA – Ramai soal kabar maju mundur Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, hal ini membuat sejumlah pihak kelimpungan. Tak terkecuali para calon kades.

Selama ini, mereka cukup stres dengan tahapan Pilkades yang saat ini berjalan. Pasalnya, jarak antara tahap penetapan calon dan nomor urut dengan hari pemungutan suara cukup panjang. Dampaknya beban politik para calon lumayan besar. Ditundanya Pilkades hanya akan menambah biaya politik membengkak.

“Sekarang ada kabar Pilkades diundur. Jangan bikin kami tambah stres,” kata satu Cakades di Kecamatan Plered, Rabu 4 Agustus 2021.

Baca juga :  Ada 7 Titik Penyekatan Larangan Mudik di Kota Bekasi, Ini Lokasinya

Meski demikian, hal itu diakui sudah menjadi resiko politiknya. Apa pun yang menjadi keputusan pemerintah ia siap mengikuti. Ditunda atau lanjut.

Cakades yang mengaku berhadap-hadapan dengan Inkumben ini punya keyakinan hasil tidak pernah mengkhianati proses. Karenanya, ditunda atau tidak, kerja kerasnya selama ini akan berbuah baik.

“Tinggal menunggu hari baik,” ujarnya.

Ade Sudrajat, Ketua Panitia Pilkades Cilalawi, Kecamatan Sukatani menyampaikan dari lebih Rp100 juta anggaran yang diperoleh panitia, sekitar 60 persen sudah terserap.

Baca juga :  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMA 1 Jatiluhur Gelar Japan School Competition

Demikian halnya surat suara sudah diorderkan. Namun, khusus untuk surat masih dimungkinkan bisa dicancel. Beban operasional paling besar terjadi di hari H pemungutan suara diantaranya untuk honor KPPS.

“Kalau kita sebagai panitia intinya mau ditunda atau lanjut siap aja,” kata Ade. (Red)

  • Bagikan