Ridwan Kamil Door to Door Tawarkan Potensi Investasi ke Investor

  • Bagikan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Humas Jabar)

SINARJABAR, TASIKMALAYA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut bahwa realisasi investasi Provinsi Jawa Barat tertinggi secara Nasional selama pandemi Covid-19. Tingginya angka investasi itu pun berdampak pada berkurangnya jumlah pengangguran di Jawa Barat.

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil ini mengatakan, tingginya realisasi investasi itu tidak didapat dengan mudah. Karena dia harus door to door menawarkan potensi yang ada agar investor mau berinvestasi.

“Saya terus ketok pintu agar investasi terus mengalir,” ujarnya dalam Rembuk Nasional Vokasi dan Peresmian Kewirausahaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2020 di Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 8 Juni 2021.

Baca juga :  Ini Doa Ridwan Kamil untuk Desy Ratnasari

Setidaknya, menurutnya, ada dua alasan investor tertarik menanamkan modalnya di Jawa Barat. Pertama, infrastruktur yang tersedia relatif baik dan mendukung investasi, dan keduanya adalah produktivitas pekerja di Jawa Barat relatif tinggi.

“Saya selalu tanya kepada investor kenapa memilih Jabar. Jawabannya selalu dua terbaik: satu mereka menganggap infrastruktur Jabar relatif lebih baik. (Untuk produktivitas pekerja) jadi setara dengan skor-skor di Vietnam yang dianggap di Asean yang menjadi salah satu yang produktif,” jelasnya.

Baca juga :  Soal Bapaslon, Masyarakat Bisa Berikan Tanggapan Pada KPU

Tingginya realisasi investasi di Jawa Barat, diakuinya, kini mulai terasa pada penyerapan tenaga kerja. Jika sebelum pandemi Covid-19 angka pengangguran mencapai 8,7 persen, selama pandemi menjadi 10 persen, dan kini kembali turun di bawah 8 persen.

Penurunan itu, Kang Emil menerangkan, tidak hanya pada angka pengangguran saja. Pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat pun kini mulai membaik dari semula minus 4 persen kini sudah naik menjadi minus 0,8 persen.

“Tahun ini seharusnya bulan-bulan ini sudah di atas 0 persen (kembali positif),” tutupnya. (Red)

Baca juga :  Wagub Uu Ajak Warga Jawa Barat Doakan Rakyat Palestina
  • Bagikan