Pemudik Kembali ke Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

  • Bagikan
Petugas memeriksa surat kelengkapan syarat masuk wilayah Jabodetabek di KM 47 Tol Cikampek-Jakarta, Jawa Barat, Rabu, 27 Mei 2020. (Foto: ANTARA)

SINARJABAR, JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, petugas fokus menyeleksi kendaraan yang kembali ke DKI Jakarta dan sekitarnya. Operasi arus balik lebaran 2021 berlangsung mulai Minggu, 16 Mei 2021.

“Operasi penyekatan mudik yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta berakhir malam ini,” kata dia dalam keterangannya, Jumat, 14 Mei 2021.

Yusri menerangkan, masyarakat yang hendak balik ke Jakarta harus mempersiapkan hasil test swab antigen dari kota asal yang periode waktunya masih berlaku. Surat itu nantinya ditunjukkan ke petugas yang berjaga.

Baca juga :  Pasukan Israel dan Warga Palestina Kembali Bentrok di Masjid Al-Aqsa

Misalnya, pemudik yang dari arah Jawa Barat menuju ke Jakarta. Yusri menerangkan, pemeriksaan dilakukan di Kilometer 34.

“Semua pemudik kembali ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah di mana mereka mudik diperlihatkan surat bebas Covid-19 di titik pemeriksaannya itu ada di Karawang yang masuk Jakarta itu di Kilometer 34,” ujar dia.

Apabila nanti ditemukan pemudik yang dinyatakan reaktif, petugas akan melakukan test PCR. Selanjutnya jika pemudik positif Covid-19 maka akan dilakukan karantina.

“Maka kita sarankan sebaiknya swab duluan di kota asal dengan membawa hasil swab di kota asal, yang resmi dan masih berlaku,” imbau Yusri.

Baca juga :  Hati-hati! Ada Pihak Catut Nama KPK Minta Sumbangan

Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan di pos Cikupa. Polda Metro akan berkoordinasi dengan Polda Banten. Sementara di jalan arteri akan dibuatkan dua pos.

“Pertama di pos Jatiuwung sama di Kedungwaringin. Kita lakukan pemeriksaan pada saat arus balik mulai hari minggu nanti,” ujar dia.

Yusri mewanti-wanti pemudik untuk melakukan swab antigen sebelum kembali ke Jakarta. Walaupun sebenarnya, Polda Metro Jaya menyedikan fasilitas drive true swab antigen.

“Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan atau tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen,” ucap dia.

Baca juga :  Pemuda Diminta Aktif Awasi Dana Desa

Pada sisi lain, Yusri menerangkan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed akan dibuka kembali untuk umum mulai malam ini.

“Yang dari KM 10 tol layang MBZ yang arah ke Cikampek itu mulai dibuka malam ini pada pukul 00.00 WIB,” tandas dia. (Red)

  • Bagikan