Siap-Siap.. Pilkades Purwakarta Sebentar Lagi Resmi Ditunda. Sampai Akhir Tahun?

  • Bagikan
Rapat koordinasi DPMD dengan Komisi I DPRD Purwakarta, Selasa 3 Agustus 2021. (Foto: Istimewa)

SINARJABAR, PURWAKARTA – Siap-siap, Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sebentar lagi resmi ditunda.

Hal ini mengemuka saat digelar rapat koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan Komisi I DPRD Purwakarta, Selasa 3 Agustus 2021.

Rombongan DPMD dipimpin langsung Kadis Jaya Pranolo. Sedangkan dari Komisi I DPRD, nampak dengan formasi lengkap. Unsur pimpinan komisi berikut anggotanya.

Rapat membahas tentang surat yang dikeluarkan Kemendagri No 141/2021 tentang perintah penundaan Pilkades. Demikian halnya Instruksi Kemendagri No 27/2021 tentang Pemberlakuan PPKM. Dimana didalamnya disebutkan Purwakarta masih di level 4.

Baca juga :  Berdesa dan Bernegara

Sedangan prasyarat tetap dijalankannya tahapan Pilkades yakni angka Covid harus sudah mengalami penurunan. Termasuk sudah berada di level 2. Sedangkan di Purwakarta saat ini masih level 4. Dipastikan butuh waktu cukup lama untuk menurunkan level tersebut.

Rekomendasi rakor menyepakati bahwa Pilkades harus ditunda. Ikhwal sampai kapan penundaan tersebut, belum dipastikan sambil menunggu pergerakan angka Covid di Purwakarta. Opsinya antara September-Desember 2021.

“Outputnya nanti akan dibakukan dalam bentuk Surat Keputusan Bupati,” kata anggota Komisi I DPRD Purwakarta, Devi Mutiara Sari, Selasa, 3 Agustus 2021.

Baca juga :  Rafly Shakur, Atlet Muay Thai Asal Purwakarta dengan Deretan Prestasi

Diketahui, sebagaimana agenda awalnya pada 25 Agustus mendatang, sebanyak 170 desa di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat akan melaksanakan Pilkades serentak. Saat ini tahapan tersebut akan memasuki masa kampanye.

Jumlah pasangan calon di tiap desa berjumlah 2 hingga 5 orang. Untuk hajat politik desa ini, Pemkab Purwakarta telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20,4 milyar. (Red)

  • Bagikan