Istri Pejabat Nyalon Kades, KPK Diminta Awasi Pilkades di Purwakarta

  • Bagikan
Ilustrasi-Penyidik KPK. (Foto: Net)

SINARJABAR, PURWAKARTA – Sehubungan istri dari dua pejabat di Purwakarta maju dalam Pilkades, aparat dan pihak berwenang lainnya diminta mengawasi potensi adanya penyalahgunaan wewenang dalam hajatan demokrasi di tingkat desa tersebut.

Pemerhati politik di Purwakarta, Aceng Purwanata menilai maju dalam pesta demokrasi adalah hak semua warga negara selama hak tersebut tidak dicabut berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Aceng mengutip Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28D ayat (3) yang menentukan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.

Baca juga :  Relawan Muda Purwakarta Dukung SH Maju Cawagub Jabar dan Cak Imin di Pilpres

Sementara itu pada tingkat undang-undang, hak pilih di atur dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 dalam Pasal 43 yang menentukan bahwa: Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Untuk itu sehubungan istri dari dua pejabat di Purwakarta maju dalam Pilkades Serentak merupakan hak dari keduanya yang diatur dalam undang-undang,” ujar Aceng, Senin, 24 Mei 2021.

Baca juga :  Berbagai Reaksi Dialami ASN Kota Tasikmalaya Usai Divaksin

Namun demikian, menurut Aceng, hal yang perlu diperhatikan adalah potensi adanya penyalahgunaan wewenang dari pejabat yang istrinya maju dalam Pilkades Serentak.

Penyalahgunaan wewenang yang dimaksud adalah melakukan pelanggaran atau tindakan melawan hukum dengan menggunakan kekuasaan yang dimiliki untuk keuntungan pribadi.

Dalam hal ini Aceng meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ikut mengawasi potensi adanya penyalahgunaan wewenang tersebut. Hal ini, kata dia, sejalan dengan semangat pencegahan korupsi yang sedang digencarkan oleh KPK.

Baca juga :  Masuk DCT, Kades Cikeris Tegaskan Sumarna Masih Menjabat Sekdes

Adapun diketahui, istri dua pejabat utama di Pemda Purwakarta mendaftar calon Kades. Kedua pejabat tersebut yakni Ketua DPRD Ahmad Sanusi dan Wakil Bupati Purwakarta, Aming.

Rusmiati, istri Amor, sapaan Ahmad Sanusi mendaftar calon kades di Desa Cikumpay Kecamatan Campaka. Sedangkan Entin Suhartini istri Aming mendaftar cakades di Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani. (Ltd/rzl)

  • Bagikan